Biaya Jasa Renovasi Rumah Untuk Berbagai Macam Perbaikan

Mungkin, saat ini jasa renovasi rumah memang sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Hal ini karena, sudah ada banyak sekali jasa penyedia layanan renovasi rumah yang tersedia di Indonesia. Mereka bahkan juga menyediakan berbagai macam layanan lain yang bisa mendukung proses pembangunan tersebut. Mulai dari jasa kontraktor interior, desain atau yang lainnya.

Dengan banyaknya jasa renovasi rumah yang saat ini tersedia di Indonesia. Hal ini bukan hanya memudahkan Anda untuk bisa mendapatkan rumah impian, tetapi juga bisa membantu Anda agar lebih hemat biaya. Sebab dengan menggunakan bantuan jasa kontraktor, pengeluaran untuk pembangunan baik dari gaji pekerja dan juga material pastinya akan sudah dirinci. Sebagai persiapan untuk membangun rumah, sebaiknya perhatikan rincian perkiraan biaya renovasi rumah berikut ini. 

Biaya Jasa Renovasi Rumah Untuk Perbaikan Ringan

Hal pertama yang akan dibahas dalam hal ini adalah untuk perbaikan ringan. Maksud dari perbaikan ringan ini adalah perbaikan yang dilakukan tidak secara keseluruhan. Biasanya perbaikan jenis ini hanya dilakukan untuk beberapa bagian ruangan seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, atau beberapa ruangan lainnya. Perbaikan yang dilakukan ini biasanya juga berupa pengecatan, ganti keramik, atau juga hal yang sejenisnya dengan intensitas yang ringan.

Untuk harganya biasanya juga tergantung dari layanan renovasi yang diberikan seperti renovasi lantai keramik mulai dari Rp 300 ribu sampai dengan Rp 500 ribu per m². Sedangkan untuk jasa cat ulang tembok, biasanya harganya mulai dari Rp 45 ribu per m². Kemudian untuk plafon gypsum biasanya harganya mulai dari Rp 200 ribu per m². Ada juga jasa renovasi lainnya yang bisa dipilih tergantung dengan kebutuhan dan layanan yang diberikan.

Biaya Jasa Renovasi Rumah Untuk Pembangunan Ulang

Selain dengan renovasi rumah dengan intensitas ringan, ada juga jasa untuk pembangunan ulang. Untuk biaya renovasi pembangunan rumah agar menjadi rumah tipe 36 ini biaya yang ditetapkan bisa ditentukan dengan dua cara. Yaitu dengan menggunakan teknik hitung berdasarkan biaya borongan pekerjaan atau lengkap dengan material yang digunakan. Untuk jasa kontraktor borongan yang lengkap dengan bahan material, biasanya harganya bisa lebih mahal.

Tetapi hal ini juga akan jauh lebih praktis karena Anda sudah tidak perlu bingung menentukan material yang akan digunakan. Biasanya, jasa kontraktor yang lengkap dengan material ini akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3 juta untuk per m²-nya. Sehingga, jika ingin menggunakan jasa ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu luas tanah yang akan dibangun. Setelah itu, Anda bisa melakukannya dengan harga per meter yang ditetapkan.

Biaya Renovasi Rumah Untuk Bagian Depan Rumah

Banyak orang ingin melakukan perbaikan untuk bagian depan rumah mereka agar terlihat lebih cantik. Biasanya untuk renovasi ini, perbaikan yang dilakukan adalah keseluruhan tapi khusus untuk bagian depan saja. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan ini juga cukup beragam tergantung dari jasa renovasi rumah yang digunakan. Meskipun berbeda dengan proses untuk pembangunan ulang rumah, tapi perbaikan untuk bagian depan rumah ini juga tetap memakan biaya yang tidak sedikit.

Bahkan, biayanya juga hampir sama dengan perbaikan ulang rumah menjadi model baru. Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan jenis ini adalah sekitar ± Rp 100 juta. Sebab, dalam melakukan perbaikan ini Anda akan tetap membutuhkan berbagai macam material bangunan. Seperti beton, cat, batu bata, besi, pondasi batuan, batu alam, atau juga berbagai macam material yang lainnya.

Biaya Jasa Renovasi Rumah Dari 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

Jika Anda ingin mencoba untuk melakukan renovasi rumah agar rumah menjadi lebih luas atau muat banyak barang. Anda bisa mencoba untuk menjadikannya menjadi dua lantai. Hal ini karena, melakukan renovasi rumah satu lantai menjadi dua lantai sebenarnya akan jauh lebih hemat. Dibandingkan jika Anda harus memperluas rumah Anda, sebab jika memperluas biasanya Anda akan perlu membeli tanah lagi jika tanah Anda sudah pas.

Sedangkan, untuk melakukan pembangunan rumah menjadi dua lantai yang awalnya satu lantai. Anda hanya butuh tambahan material seperti beton, semen, pasir, juga biaya pekerja. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi jenis ini juga tergantung dari layanan jasa yang Anda pilih. Cara menghitungnya juga akan sama yaitu menggunakan hitungan per m², sehingga Anda bisa langsung mengalikannya dengan luas rumah Anda.

Sehingga, misalnya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi rumah ini adalah sekitar Rp 3 juta untuk per m²-nya. Sedangkan luas rumah Anda adalah type 36, maka Anda hanya perlu langsung mengalikannya dengan luas tersebut. Dalam menyiapkan biaya untuk melakukan renovasi, jangan lupa juga untuk menyiapkan dana cadangan atau darurat untuk persiapan. Agar lebih jelas lagi, Anda juga bisa mendiskusikan hal ini dengan jasa renovasi rumah yang akan Anda gunakan.

Perhatikan Beberapa Hal Penting Berikut Sebelum Membagun Rumah 

Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah rumah atau melakukan renovasi. Sebaiknya Anda perlu memperhatikan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pembangunan tersebut. Misalnya saja pada material yang digunakan, jika Anda menggunakan jasa renovasi rumah yang sudah lengkap dengan material. Maka sebaiknya cek terlebih dahulu material yang digunakan dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Teliti juga, apakah material yang Anda pilih tersebut memang berkualitas dan sesuai dengan kesepakatan awal atau tidak. Untuk terhindar dari kecurangan pihak pemborong, seperti penyediaan material yang tidak sesuai dengan kesempatan. Maka, penting untuk memilih jasa kontraktor yang memang sudah terpercaya dan berpengalaman. Untuk itu, Anda bisa mencoba di MitraRuma yang memang sudah terbukti terpercaya dan membantu lebih dari 1000 keluarga mendapatkan rumah impian mereka, sekian dan terimakasih.