7 Ide Konten Yang Bisa Digunakan Agar Live Streaming Kamu Sukses

Konten di situs live streaming saat ini menjadi salah satu hal yang paling sering dicari konsumen di internet. Jenis konten ini pun dikenal sebagai cara termudah untuk meningkatkan engagement dan penjualan produk tertentu.

Bahkan, dalam riset Business Wire disebutkan bahwa popularitas live stream akan terus tumbuh dan diperkirakan akan meraih revenue sebesar 184 miliar dolar AS pada tahun 2027 mendatang. Nah, dengan melihat fakta – fakta tersebut, para marketer dan content creator rasanya perlu mengetahui terlebih dahulu ide konten terbaik untuk keperluan live streaming. Sebab, jika mereka tidak bisa menampilkan video konten yang menarik dan sedang dalam tren, kemungkinan besar tidak akan mendapat keuntungan dari strategi live streaming tersebut.

Nah, agar acara live streaming kamu bisa sukses, berikut ini ada 7 ide konten yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, mari kita simak!

1. Interview dan Q&A

Interview dan Q&A merupakan salah satu bentuk konten live streaming yang paling diminati audiens. Ide konten ini sangat pas bagi para marketer yang ingin meningkatkan kredibilitas perusahaan atau channel mereka. Apalagi, jika yang akan mereka undang untuk sesi interview adalah seorang pakar yang mengakui produk atau layanan perusahaan.

2. Video Tutorial

Jenis konten video tutorial sangat efektif untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan. Karena dengan membantu orang lain menggunakan solusi cerdas yang terpercaya, maka kamu bakal mendapat kepercayaan dan loyalitas dari mereka secara cepat.

3. Behind the Scenes

Video behind the scenes atau disingkat BTS juga bisa menjadi ide konten live streaming yang apik. Sebab, jenis video BTS akan membuat audiens merasa dekat dan mempercayai kamu. Untuk membuat jenis video ini, kamu bisa memulainya dengan menunjukkan streaming setup atau alat – alat yang kamu gunakan selama live streaming.

Baru setelah itu, kamu bisa mulai melakukan hal – hal yang lebih menarik seperti proses pembuatan produk atau aktivitas kamu sehari – hari.

4. Newsjacking

Newsjacking merupakan praktik menyelaraskan brand dengan peristiwa terkini. Ide konten satu ini sangat cocok untuk live streaming karena bisa menarik perhatian media dan meningkatkan eksposur brand. Meski terkadang kurang etis, namun strategi ini sejatinya legal dan efektif untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

5. Video Kolaborasi

Jika kamu ingin mendatangkan ribuan audiens baru dengan instan, bisa ciptakan video konten kolaborasi dalam acara live streaming. Dalam hal ini, kamu bisa undang influencer ataupun streamer ternama untuk sesi wawancara atau melakukan aktivitas bersama.

Ide konten satu ini terbukti efektif bisa menghidupkan sesi streaming dan memungkinkan kamu untuk meraih perhatian dari audiens tamu.

6. Upcycle Content

Upcycle content adalah jenis konten yang didaur ulang dari media milik perusahaan. Misalnya, kamu bisa ciptakan video live streaming berdasarkan konten – konten di dalam blogmu. Ide konten satu ini efektif untuk menambahkan dimensi dan perspektif lain ke konten yang sudah ada.

Jenis konten ini pun akan menambah nilai karena dapat memperluas topik dengan cara yang bermanfaat dan mendidik.

7. Live Event

Ide konten selanjutnya yang baik untuk sesi live streaming adalah live event. Sesi live event ini bisa menjadi cara jitu untuk meningkatkan antusiasme dan kredibilitas channel. Terutama jika kamu bisa memberikan komentar atau bertamu langsung dengan orang – orang yang terlibat dalam acara tersebut.

Contohnya, jika kamu menggeluti dunia teknologi, maka bisa menghadiri acara peluncuran produk tertentu dan memberikan komentar yang memadai.

Dari ketujuh ide konten live streaming diatas, mana yang akan kamu gunakan? Jika ide konten sudah ditentukan, selanjutnya memilih platform yang tepat digunakan untuk live streaming. Kamu bisa live streaming di IDN Live, yakni sebuah platform yang memberi kesempatan bagi kamu untuk membuat konten yang beragam sesuai ide sendiri dan ciri khasmu.