Cara Memanfaatkan M Banking Untuk Bayar PDAM Online

Tidak semua orang bisa membayar tagihan setiap bulan secara rutin, ditambah dengan kesibukan kerja ataupun kegiatan lain. Jika prosesnya mudah, cepat dan lancar mungkin tidak menjadi masalah tetapi seringnya memang antri panjang dan lama. Bukan saja waktu yang terbuang tetapi juga tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan. Untungnya kemajuan jaman memberikan banyak perubahan, seperti pembayaran online yang sekarang ini bisa dilakukan. Misalnya saja untuk bayar PDAM online yang mudah, praktis dan cepat melalui m banking BCA.

BCA memang salah satu bank swasta terbesar di Indonesia dengan banyak nasabah, hal itu berkaitan dengan segala produk dan layanan terbaiknya. Tidak heran jika sampai dengan saat ini masih terus dipercaya baik pada nasabah baru ataupun lama. Inovasi yang memberikan kemudahan lainnya adalah layanan m banking yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk pembayaran berbagai jenis tagihan. Seperti misalnya untuk tagihan PDAM bulanan, mau tahu caranya seperti apa?

Bayar PDAM secara online lewat m banking saat ini sudah tidak perlu kerepotan lagi, apalagi langkah yang harus dilakukan relative mudah layaknya proses transaksi keuangan yang lainnya. Dengan ini, bisa menjadi solusi terbaik karena Anda tidak perlu untuk ke kantor PDAM ataupun layanan lainnya. Jika dilihat dari situs BCA secara resmi, ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan dalam proses bayar seperti berikut ini:

  1. Mulai masuk pada aplikasi m banking yang sudah Anda miliki sebelumnya, setelah itu lanjut pada menu pembayaran.
  2. Pilih pada utilitas atau public.
  3. Dimana perusahaan yang Anda gunakan, pilih sesuai dengan PAM tersebut.
  4. Jangan lupa untuk mempersiapkan dari nomor PDAM atau langganan Anda, masukkan dengan teliti jangan salah.
  5. Masukkan juga wilayah dari PDAM Anda.
  6. Pilih langsung kantor cabang PDAM tepat Anda mendaftar, ini bisa sesuaikan dengan masing-masing langganan.
  7. Silahkan untuk periksa dari nominal tagihan, apakah memang sesuai atau tidak dengan PDAM Anda.
  8. Jika sudah langsung masukkan PIN mobile banking untuk proses transaksi.
  9. Tunggu sebentar dan dapatkan notifikasi keberhasilan dari proses pembayaran tersebut.

Tidak semua orang memiliki layanan m banking, apalagi orang yang tidak mengenal perkembangan teknologi. Tetapi tenang, untuk bayar PDAM online bisa pula dari beberapa alternatif lainnya yang mungkin bisa menjadi jawaban. Setidaknya perlu Anda ketahui bukan hanya pada m banking dapat melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Melainkan banyak cara lain yang bisa dicoba pula, penasaran apa saja?

Bisa melalui ATM BCA, mungkin untuk langkah yang satu ini memang perlu mencari mesin ATM terdekat Anda. Jika sudah menemukan, Anda bisa lakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Silahkan masukkan terlebih dahulu ke mesin ATM, tekan PIN sesuai dengan rekening Anda tersebut.
  2. Pilih pada menu transaksi lain dan pembayaran, tentukan pula untuk jenis pembayaran adalah PDAM/ PAM atau GAS.
  3. Klik kode daftar PAM.
  4. Tentukan untuk wilayah dari PAM yang Anda ikuti.
  5. Silahkan catat untuk kode PAM dan kembali pada transaksi layar awal, dan masukkan PAM.
  6. Masukkan nomor bayar dan konfirmasi pembayaran mudah.

Jika cara diatas masih belum menjadi solusi, Anda bisa pula melalui internet banking, untuk cara ini sebenarnya tidak jauh berbeda pula. Dimana dalam melakukannya, ada beberapa tahapan penting seperti:

  1. Login terlebih dahulu pada website resmi.
  2. Masuk pada menu pembayaran dan klik PAM.
  3. Setelah itu tentukan sesuai dengan kota Anda.
  4. Masukkan langsung pada nomor pelanggan.
  5. Lanjutkan jika sudah muncul rincian tagihan, silahkan langsung klik lanjutkan untuk pembayaran.
  6. Masukkan kode challenge dan tekan kirim,
  7. Proses pembayaran melalui internet banking selesai dan konfirmasi sukses.

Diatas merupakan beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk lebih mudah, cepat dan praktis dalam bayar PDAM online, Anda juga bisa cek bayar pdam BCA di https://www.bca.co.id/id/informasi/Edukatips/2022/02/14/06/56/cara-cek-tagihan-pdam-dan-bayar-online-dari-smartphone.

Pada dasarnya memang BCA menjadi solusi untuk segala transaksi keuangan yang praktis. Tidak perlu lagi khawatir kerepotan dan lainnya dalam bayar tagihan bulanan, baik PDAM ataupun yang lainnya.