Mengenal Unique Selling Point dan Manfaatnya bagi Sebuah Bisnis

Seorang pebisnis memang harus menguasai banyak hal termasuk salah satunya Unique Selling Point (USP). Ini merupakan salah satu faktor penting yang bisa membuat bisnis berkembang dan bertahan di tengah persaingan ketat seperti sekarang. Mari cari tahu apa pengertian USP ini, apa saja manfaatnya bagi sebuah bisnis, dan bagaimana cara untuk menentukannya.

Pengertian Unique Selling Point

Unique selling point atau USP merupakan sebuah keunikan atau kelebihan yang dimiliki oleh sebuah bisnis. USP ini juga dikenal sebagai keunggulan dari produk baik itu barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada publik. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri yang membuat bisnis anda diminati oleh para target konsumen.

USP merupakan poin penting dalam sebuah bisnis dan memang sebaiknya dipersiapkan oleh pebisnis. USP akan mendatangkan konsumen kepada Anda karena memuat poin-poin yang menunjukkan keunggulan dari sebuah produk. Selain itu USP ini juga akan memberikan keunikan tersendiri yang membuat bisnis Anda berbeda dari bisnis-bisnis lain meskipun bergerak di bidang serupa.

Manfaat Unique Selling Point

Tentu saja ada beragam manfaat yang diberikan oleh USP hingga perannya dianggap sangat penting dalam dunia bisnis. Jika Anda mengembangkan bisnis, pastikan untuk segera menentukan USP supaya bisa mendapat manfaat optimal. Berikut adalah beberapa manfaat dari USP:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat yang pertama adalah meningkatkan brand awareness dari sebuah bisnis. Brand awareness adalah poin penting dalam dunia bisnis. Jika brand awareness sudah kuat maka akan lebih mudah untuk menjaring lebih banyak konsumen. Coba posisikan diri Anda sebagai konsumen, pasti Anda lebih memilih bisnis dengan brand awareness yang jauh lebih kuat bukan?

2. Memperkuat Identitas Bisnis

USP juga akan memperkuat identitas bisnis Anda di mata publik. Jika ada keunggulan atau keunikan tersendiri dari bisnis Anda maka akan lebih mudah dikenali. Unique selling point ini nantinya bisa menjadi identitas bisnis yang membuat orang-orang kenal dan tertarik untuk membeli.

3. Mengoptimalkan Pendapatan

Tentu saja USP juga bisa membantu mengoptimalkan penjualan dan pendapatan bisnis Anda. Bagaimanapun juga tujuan utama dalam berbisnis adalah mendapatkan angka penjualan dan pendapatan yang tinggi. Oleh sebab itu Anda perlu menunjukkan poin-poin keunikan dan kelebihan dari bisnis tersebut sehingga lebih banyak orang yang merasa tertarik.

4. Mempermudah Promosi

USP akan membuat proses promosi jadi jauh lebih mudah. Adanya poin-poin keunggulan tadi akan membuat promosi bisnis Anda jadi lebih lancar karena banyak yang bisa ditawarkan. Bayangkan saja jika tidak ada USP atau keunggulan yang ditawarkan pasti akan lebih sulit untuk membuat promosi. Apalagi di tengah dunia dengan persaingan bisnis super ketat seperti sekarang.

Cara Menentukan Unique Selling Point

Setelah paham apa saja manfaat dari USP maka penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara menentukannya. Mungkin terlihat mudah namun sebenarnya pembuatan USP ini tidak bisa dilakukan asal-asalan. Berikut adalah beberapa cara menentukan USP yang bisa Anda terapkan dalam berbisnis:

1. Pahami Kebutuhan Target Konsumen

Pertama-tama pahami dulu seperti apa kebutuhan target konsumen Anda. Memahami target konsumen adalah kunci penting dalam dunia bisnis dan selalu bisa dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan pendapatan. Jika Anda sudah paham apa sebenarnya kebutuhan target konsumen, maka Anda bisa membuat produk dengan USP sesuai kebutuhan tersebut.

2. Posisikan Diri sebagai Konsumen

Cobalah untuk memposisikan diri sebagai konsumen. Dari sini Anda bisa mengetahui apa saja sebenarnya yang diharapkan oleh konsumen terhadap bisnis atau produk dari Anda. Ciptakan USP yang bisa menguntungkan para konsumen sehingga mereka akan merasa tertarik. Anda mungkin perlu melakukan riset dulu supaya bisa melihat dari kacamata konsumen.

3. Lakukan Riset Kompetitor

Saat membuat USP, Anda juga perlu melakukan riset kompetitor. Lihat seperti apa kompetitor bisnis Anda. Apa saja yang mereka tawarkan kepada konsumen dan kelebihan seperti apa yang mereka miliki. Dari sini Anda bisa membuat USP yang melebihi kompetitor asalkan tetap relevan dan bisa dipenuhi.

4. Ikuti Perkembangan Tren

Anda juga perlu mengikuti perkembangan tren supaya bisa memberi penawaran USP yang relevan dengan tren saat ini. Seperti kita tahu kalau konsumen biasanya tertarik dengan perkembangan tren. Mereka akan memilih produk yang sesuai dengan tren saat ini. Jadi tawarkan USP yang sesuai dengan perkembangan tersebut sehingga konsumen semakin tertarik dan ingin membeli produk Anda.

Sudah siap menentukan USP (Unique Selling Point) untuk bisnis Anda sendiri? Segera susun strategi untuk membuat bisnis Anda berkembang pesat demi keuntungan yang lebih besar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha, jangan ragu untuk melakukan pengajuan lewat BFI Finance.

Melalui BFI Finance, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha sesuai kebutuhan. Prosesnya mudah dan cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama. Tidak hanya itu, pinjaman di sini juga sudah terjamin aman sehingga Anda bisa merasa lebih tenang dan  leluasa memanfaatkan dana tersebut untuk pengembangan usaha.