Ingin Menambah Lantai Rumah? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu 

Sempitnya lahan membuat sebagian besar orang lebih memilih membangun rumah tingkat. Anda yang berencana untuk menambah lantai rumah pun harus memperhatikan berbagai hal. Baik dari segi biaya, waktu hingga struktur rumah. 

Misalnya saja soal biaya, jika dulu pertama kali membangun rumah harga semen masih murah sekarang Anda mungkin harus mempertimbangkan biaya dua kali lipat. Begitu juga dengan bahan bangunan lain sampai dengan biaya tukang. Apa saja hal yang tidak boleh dilewatkan, bisa Anda cek di sini. 

5 Hal Penting untuk Diperhatikan Ketika Menambah Lantai Rumah 

Lebih mudah dan cepat jika sejak awal pembangunan rumah Anda telah merencanakan untuk membuat rumah tingkat. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan pembuatan dak beton sebagai atap rumah, sehingga saat ingin menambah lantai pekerjaan jadi lebih mudah. 

Namun bagi Anda yang masih menggunakan rumah beratap genteng perlu mempersiapkan hal yang lebih banyak lagi. Mengingat atap harus dibongkar dan dipasang dak beton. Seperti apa hal penting yang harus Anda perhatikan? 

  • Mengecek dan Memperkuat Struktur Bangunan yang Ada

Sebelum mulai pengerjaan Anda harus mengecek terlebih dahulu struktur bangunan yang sudah berdiri. Tentu membutuhkan bantuan ahli arsitektur atau teknik sipil untuk mengetahuinya. Baru setelah itu Anda bisa mempersiapkan untuk memperkuat struktur bangunan. 

Tujuannya supaya bangunan di bawahnya bisa menahan beban pada lantai yang akan dibangun. Caranya bisa dengan memperdalam pondasi atau memperbesar kolom bangunan. 

  • Pemilihan Material yang Lebih Ringan 

Khusus material untuk bangunan di lantai dua harus dipilih yang ringan sehingga tidak membebani struktur bangunan di bawahnya. Meskipun ringan material haruslah tetap berkualitas.

Jangan tergiur dengan harga semen demi mendapatkan lebih banyak material dan menghemat budget. Utamakan sifatnya yang ringan dan kualitas jika Anda ingin memiliki bangunan rumah yang kokoh. 

  • Merencanakan Layout Ruangan 

Persiapkan juga denah atau layout ruangan dengan baik. Anda tentu tidak ingin bukan kamar tidur di lantai satu mengalami masalah dengan langit-langit berjamur. Alasannya adalah ruang atas kamar tersebut adalah kamar mandi. 

Lebih baik untuk menyesuaikan denahnya dengan layout di lantai satu. Misalnya penempatan kamar mandi atas bawah sama untuk mempermudah penempatan pemipaan. 

  • Memperhatikan Lokasi Tangga

Tidak kalah penting yaitu lokasi tangga untuk menuju ke lantai dua. Tempatkan tangga di area yang tidak mengganggu ruangan. Tangga juga sebaiknya tidak menghabiskan banyak ruang. Anda bisa bermain dengan desain yang bagus sehingga tangga tetap aman serta nyaman digunakan. 

  • Manfaatkan Atap yang Sudah Ada 

Meskipun Anda sudah membongkar atap, bukan berarti atap lama tidak bisa digunakan kembali. Anda bisa membongkarnya dengan hati-hati kemudian memasang kembali setelah penambahan lantai selesai. Cara ini tentunya akan sangat meringankan biaya renovasi. 

Membicarakan soal biaya tidak terlepas dari pemilihan material. Seperti yang sudah dijelaskan akan lebih baik Anda fokus pada kualitas material. Anda yang ingin memiliki bangunan kokoh perlu memilih Semen SCG OPC yang bisa didapatkan di https://scgcbm.id/. 

Semen ini dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan konstruksi seperti pondasi, balok, lantai bangunan sampai dengan kolom. Anda yang ingin menambah kekuatan struktur bangunan hingga menambah lantai rumah baru bisa menggunakan semen ini. 

Semen SCG OPC memiliki kekuatan tekan yang maksimal sehingga dapat membuat konstruksi dengan kekuatan tinggi yang kuat. Daya tahan bangunan pun akan lebih lama. Pastikan rumah Anda menggunakan Semen SCG OPC, dapatkan produknya langsung di https://scgcbm.id/.

Sumber: 

https://www.wisesapersadaindo.com/post/perhatikan-5-hal-ini-sebelum-menambah-lantai-rumah

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/09/141600776/menambah-lantai-bangunan-rumah-ke-atas-bagaimana-tahapannya-?page=all

https://www.archify.com/id/archifynow/5-persiapan-sebelum-meningkat-rumah