Perkiraan Harga Renovasi Rumah Kecil-Kecilan, Anda Harus Tahu

Saat ini, sudah semakin banyak perusahaan yang menyediakan jasa renovasi rumah dan apartemen. Jasa renovasi rumah adalah suatu perbaikan fisik yang dapat dilakukan baik secara skala kecil maupun skala besar-besaran. Bicara soal renovasi, Anda pasti penasaran terkait harga dan hal-hal lain yang perlu dipersiapkan, tetapi jika Anda hanya membutuhkan perbaikan kecil semata misalnya dalam hal lantai dan sebagainya, maka harganya tentu saja jauh lebih murah.

Apa itu Jasa Renovasi Rumah dan Apartemen?

Jasa renovasi rumah dan apartemen adalah jasa yang menyediakan perbaikan fisik bangunan ataupun pembangunan ulang baik rumah ataupun apartemen, dimulai dari skala kecil (perbaikan ringan hanya pada beberapa bagian tertentu) hingga perubahan besar-besaran (dimulai dengan perobohan lalu pembangunan yang baru), dan harga yang ditawarkan tentu saja berbeda antar jenis perubahan yang diinginkan.

Perkiraan (Estimasi) Biaya Renovasi Rumah Kecil-Kecilan

Setiap jasa tentu memiliki preferensinya tersendiri dalam memasang harga, tetapi bisa saja perbedaannya tidak begitu jauh antara satu jasa dengan jasa yang lain, jadi Anda akan mengetahui perkiraan harga dari yang kami rangkum dari berbagai sumber. 

Untuk perbaikan ringan dalam renovasi rumah, dengan arti tidak merenovasi seluruh rumah, tetapi hanya beberapa bagian saja, maka perkiraan harga biaya renovasi menyesuaikan dengan bagian yang akan direnovasi. Perhatikan beberapa kategori biaya renovasi rumah/aparemen yang berlaku di berbagai jasa renovasi secara umum.

  • Renovasi Ulang Cat Tembok Rumah: 45 ribu per meter persegi
  • Renovasi Plafon Gypsum: 200 ribu per meter persegi
  • Renovasi Rangka Atap: 200 – 250 ribu per meter persegi
  • Renovasi Pagar: 200 – 750 ribu per pagar rumah, dengan kisaran panjang 2,4 – 3,5 meter dan tinggi 1,8 – 2,5 meter.
  • Renovasi Kamar Mandi: 270 ribu per meter persegi, termasuk bahan/material
  • Renovasi Lantai Keramik: 300 – 500 ribu per meter persegi
  • Renovasi Kamar Tidur ukuran 2×3: 740 ribu hignga 1 juta rupiah
  • Renovasi Dapur (cat tembok, rak dinding, keramik dinding, pembatas ruang, biaya pemasangan, bingkai jendela): dimulai dari 2,5 juta rupiah
  • Renovasi Ruang Tamu (biaya pemasangan, cat tembok, fasilitas lain): dimulai dari 9 juta rupiah

Kira-kira sebesar itulah biaya yang perlu Anda keluarkan, bisa jadi lebih murah ataupun lebih mahal tergantung kebutuhan. Intinya, memperkirakan harga jasa renovasi sebelum memulai pembangunan adalah pilihan yang baik sehingga Anda dapat memaksimalkan persiapan budget semaksimal mungkin. Sedikit melebihkan anggaran dapat membantu Anda mengatasi ketidakdugaan yang terjadi akibat dana darurat yang dibutuhkan selama pembangunan.

Contoh Perbaikan Ringan

Sebenarnya, masih banyak yang bingung terkait perbaikan ringan apakah yang dimaksud dalam renovasi rumah dan apartemen.

Memang, sebagai penghuni sekaligus pemilik rumah, Anda harus sering melakukan pengecekan secara rutin, karena bagian-bagian tertentu bisa saja akan mengalami kerusakan sewaktu-waktu, misalnya saja dalam plafon, atap, dinding, dan sebagainya.

Contoh perbaikan yang akan dikategorikan perbaikan ringan adalah sebagai berikut:

  • Perbaikan kerusakan pada atap karena kerusakan tersebut kadang-kadang tidak terlihat dikarenakan letaknya yang cukup tinggi tetapi dampaknya akan terasa sewaktu-waktu. Harganya dimulai dari 130 ribu per meter persegi.
  • Perbaikan kerusakan pada dinding, terlihat sehingga tidak bisa dibiarkan begitu saja. Untuk keretakan ringan di mana Anda hanya perlu memplester dinding tersebut dengan semen, Anda cukup membayar sekitar 40 ribu per meter persegi, beda halnya jika keretakannya semakin parah sehingga memerlukan injeksi beton.
  • Pengecatan warna dinding untuk memberikan suasana segar bagi rumah, dimulai dari 30 – 45 ribu per meter persegi untuk dinding interior dan 70 ribu per meter persegi untuk dinding eksterior.
  • Perbaikan lantai, karena lantai yang rusak dapat membahayakan penghuni, entah kaki terluka dikarenakan pecahan kearmik atau tersandung pada lantai yang rusak, dimulai dari 125 ribu per meter persegi tergantung jenis lantai baru yang diinginkan.
  • Perbaikan plafon/langit-langit rumah yang bisa lapuk dan rusak dikarenakan kebocoran atap, dimulai dari 90 ribu per meter persegi.

Agar Biaya Renovasi Rumah dan Apartemen menjadi Lebih Murah

Apabila Anda ingin menghemat biaya renovasi, Anda dapat memanfaatkan material lama yang masih layak pakai, misalnya kaca, jendela, atap, genteng, kusen pintu, dan sebagainya. Selain itu, Anda dapat membuat prioritas tentang bagian mana saja yang perlu dilakukan renovasi terlebih dahulu sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam merencanakan budget jika budget Anda terbatas.

Selain itu, ada beberapa ide renovasi rumah kecil-kecilan yang akan membuat rumah/apartemen Anda terasa baru dan semakin nyaman ditinggali, utamanya jika bangunannya masih kuat. Misalnya, mengubah warna atau desain pintu, memberi wallpaper atau hiasan dinding pada dinding, mengubah cat rumah, membeli furniture baru, merenovasi jendela saja, mengubah pencahayaan ruangan maupun luar ruangan, mengganti model lantai, merenovasi atap beserta plafon, dan sebagainya.

Mengenal Jasa Renovasi Rumah Mitraruma

Sebagai rekomendasi, jika Anda hanya ingin melakukan renovasi kecil-kecilan saja, misalnya dalam kebutuhan jasa renovasi lantai, Anda dapat mempercayakan renovasi tersebut kepada Mitraruma.

Mitraruma menyediakan layanan berupa pemasangan lantai bahan Granite, pemasangan SCG mega floor, pemasangan bahan Parquette, pemasangan SPC dengan berbagai jenis brand, dan pemasangan Vinyl. Bahan yang dipilih dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah atau apartemen Anda sendiri.

Kelebihannya, seluruh proses akan dikerjakan dengan transparan dimulai dari instalasi, man power, hingga rekondisi area lantai yang ada tergantung layanan yang dipilih, dapat menciptakan ketenangan pikiran Anda, dan bisa dipersonalisasi sesuai keinginan Anda. Bahkan, Mitraruma dapat mewujudkan konsep rumah/apartemen yang minimalis untuk Anda.

Demikian pembahasan seputar jasa renovasi rumah dan apartemen kecil-kecilan yang perlu Anda pahami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda utamanya jika ingin melakukan renovasi rumah termasuk dalam hal renovasi lantai rumah Anda sendiri. Intinya, pemilihan jasa yang tepat akan berpengaruh pada kondisi rumah atau apartemen yang baik ke depannya.